Serangan Panik

Serangan panik adalah sebuah episode ketakutan yang datang secara tiba-tiba dan intens yang dapat memicu berbagai reaksi fisik yang parah ketika tidak ada bahaya yang nyata atau penyebab yang jelas.

Serangan panik bisa sangat menakutkan, saat serangan panik terjadi, Anda mungkin mengira bahwa Anda telah kehilangan kendali, mengalami serangan jantung atau bahkan sedang sekarat.

Kebanyakan orang hanya akan mengalami satu atau dua kali serangan panik dalam hidup mereka, kemudian masalahnya akan hilang, kemungkinan ketika situasi stresnya berakhir, tetapi jika Anda mengalami serangan panik yang berulang, tidak terduga dan menghabiskan banyak waktu dalam ketakutan yang terus-menerus terhadap serangan yang akan datang, Anda mungkin mengalami kondisi yang disebut dengan panic disorder/gangguan panik.

Meskipun serangan panik itu sendiri tidak mengancam jiwa, serangan ini bisa menjadi hal yang menakutkan dan bisa sangat mempengaruhi kualitas hidup Anda.

Kriteria Bagi Sebuah Gangguan Panik

Serangan Panik dan Gangguan Panik

Tidak semua orang yang mengalami serangan panik juga mengalami gangguan panik, berikut beberapa poin yang menjadi kriteria seseorang memiliki sebuah gangguan panik :

  • Anda sangat sering mengalami serangan-serangan panik yang tidak terduga.
  • Rasa khawatir yang terus-menerus tentang serangan lainnya, selalu takut akan konsekuensi dari serangan yang akan terjadi, seperti rasa kehilangan kendali, mengalami serangan jantung atau “menjadi gila” atau perubahan dalam perilaku seperti menghindari situasi yang menurut Anda dapat memicu terjadinya serangan panik.
  • Serangan-serangan panik yang Anda alami tidak disebabkan oleh penggunaan obat-obatan atau zat-zat berbahaya lainnya, kondisi medis tertentu atau kondisi-kondisi mental lainnya, seperti fobia sosial, gangguan obsesif-kompulsig (OCD).

Jika Anda memiliki serangan-serang panik tetapi bukan tidak seperti kriteria dari sebuah gangguan panik, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari sebuah pengobatan, namun jika seranga panik tidak segera ditangani, hal itu bisa berubah menjadi lebih buruk dan berkembang menjadi berbagai fobia dan menjadi sebuah gangguan panik atau panic disorder.

Referensi

Pengertian | Gejala | Penyebab | Faktor Resiko | Komplikasi | Pecegahan | Pengobatan