Cara Melakukan Pernapasan Buteyko

Teknik Pernapasan Buteyko

  1. Pengertian
  2. Sejarah
  3. Manfaat
  4. Cara

Untuk melakukan latihan pernapasan Buteyko dengan maksimal, Anda membutuhkan kursi yang nyaman dan ruangan yang tenang, minimalkan gangguan dan suhu ruangan yang tidak telalu dingin atau panas.

Latihan pernapasan Buteyko paling baik dilakukan sebelum makan atau setidaknya dua jam setelah makan, latihan Buteyko ini dapat di bagi menjadi 9 langkah :

  1. Anda akan memulainya dengan memeriksa dan mencatat denyut nadi Anda mengontrol waktu jeda, waktu jeda kontrol adalah lamanya waktu Anda bisa menahan nafas.
  2. Duduk di kursi dengan sandaran lurus yang memungkinkan Anda bisa meletakkan kaki dengan nyaman di lantai, duduk tegak di kursi sehingga kepala, bahu dan pinggul Anda sejajar sempurna.
  3. Tutup mata dan fokus pada pernapasan, rasakan udara bergerak masuk dan keluar lubang hidung Anda, jika pikiran Anda berkelana kesana kemari, kembalilah ke lubang hidung dan fokuskan kembali pada sensasinya.
  4. Buat bahu dan semua ketegangan yang ditubuh Anda untuk menjadi rileks, termasuk tangan dan wajah Anda.
  5. Untuk dapat memeriksa volume udara yang mengalir melalui lubang hidung Anda, letakkan jari telunjuk di bawah hidung Anda.
  6. Sekarang ambil pernapasan yang dangkal, gunakan jari Anda untuk mengukur laju respirasi, saat Anda merasakan udara mengenai jari Anda, mulailah untuk bernapas lagi, ini akan mengurangi volume oksigen yang mengalir ke paru-paru Anda sambil meningkatkan jumlah nafas, coba pertahankan ini selama tiga hingga lima menit.
  7. Jika Anda merasa terengah-engah, itu terjadi karena Anda telah mengurangi udara dengan terlalu cepat, perlambat sedikit dan pada akhirnya Anda akan menemukan ritme yang memudahkan untuk bernafas lebih dangkal.
  8. Setelah tiga hingga lima menit, periksa kembali denyut nadi Anda dan kendalikan waktu jeda.
  9. Luangkan beberapa menit sebelum memulai kembali, idealnya Anda akan menghabiskan setidaknya 20 menit tiap harinya, ulangi langkah diatas sebanyak 4 kali.

Sementara latihan pernapasan seperti Buteyko ini dapat meningkatkan kesehatan dan ketenangan mental, namun perlu di perhatikan hal ini juga tidak boleh di anggap sebagai pengganti mutlak untuk pengobatan yang telah di berikan secara medis untuk asma Anda.

Pada akhirnya tujuan perawatan adalah untuk mengurangi gejala dan tingkat keparahan saat serangan terjadi agar kerusakan yang terjadi pada organ seperti paru-paru bisa diminimalkan, selamat mencoba.

Referensi

Pengertian | Sejarah | Manfaat | Cara