Manfaat Pernapasan Buteyko

Teknik Pernapasan Buteyko

  1. Pengertian
  2. Sejarah
  3. Manfaat
  4. Cara
pernapasan buteyko

Pola pernapasan memiliki dampak yang besar pada kesehatan kita, pola pernapasan yang buruk dapat membuat saluran udara/oksigen menjadi sempit sehingga sirkulasi darah dan pengiriman oksigen menjadi berkurang.

Meskipun tidak ada bukti bahwa pernapasan Buteyko dapat meningkatkan fungsi paru-paru atau dapat merubah respon bronkial (cara tubuh merespon pemicu asma), namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa pernapasan Buteyko dapat meringankan gejala serangan asma namun tidak menggantikan kebutuhan akan sebuah bronkodilator.

Orang-orang yang telah menggunakan teknik pernapasan Buteyko melaporkan merasakan ketentraman yang lebih baik dan peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan, hal ini mungkin di karenakan adanya hubungan positif antara “Penyembuhan Mandiri” dan pengendalian diri, asma pada dasarnya dikaitkan dengan kurangnya kontrol atas tubuh sendiri.

Dengan melakukan pernapasan secara mindful atau penuh kesadaran, seseorang dapat memperoleh kembali atau setidaknya sebagian dari kendali itu dan dengan latihan akan mengurangi kecemasan saat serangan datang.

Referensi

Pengertian | Sejarah | Manfaat | Cara